Jumat, 07 Januari 2011

tes kedua, tes wawancara..

maap baru nerbitin soal ini lagi, hehehe..

            Seminggu sesudah tes tulis, pengumumannya keluar. aku dinyatakan lolos! Hua! senangnya.. Salah satu temenku yang waktu ini, juga lolos. Hari ini juga, aku hunting tiket pesawat. akhirnya dapet yang lumayan murah. Aku telpon"an sama temenku itu, mastiin barengan. Aku bingung setengah mati. aku kan ngga berani ngomong di depan orang laen yang blum aku kenal?Stress banget waktu itu. Aku cari lagi info" wawancara lewat internet, para mahasiswa UGM yang udah berpengalaman yang cerita di internet. Semua persiapan aku ikutin, mulai dari harus PD (percaya diri), baju berkerah, pake sepatu, rapi, sampai aku siapin beberapa pertanyaan yang kira" keluar. Aku ngutip dari buku tes wawancara CPNS! Lho?
            Sehari sebelum tes, aku berangkat ke jogja. Trus sampe di jogja aku langsung liat ruangan di GSP, tapi belum ada jadwalnya. Kata orang disana, diumumin di hari ‘H’. Ya udah deh, aku pulang.. Lalu,  seperti biasa, makan dulu di gudeg Yu Djum. Hehehe..Terus aku pulang ke Solo. Malemnya, harusnya aku tidur bareng nenekku, tapi, nenekku tercinta bilang, “ini kasurnya kotor, kamu jangan tidur disini..”. oke, alhasil, aku tidur di ruang tv sambil perang sama nyamuk.. Dengan kertas hasil hunting pertanyaan beberapa pengalaman orang yang sudah pernah wawancara di sampingku selalu, aku tidur.. dan, gak tau kenapa, jam 12 malam tepat aku bangun, terus aku shalat tahajud.. alhamdulillah! (tanpa mengurangi kekhusyukan, walopun saat itu aku gatau kalo tahajud jam 2an). Aku berdoa banget-banget! Gila.. padahal, rumah nenekku terkenal gak enak kalo malem, alias rada angker, tapi karena semangat membara pengen masuk UGM, gatau kekuatan darimana, aku bisa gak takut sama sekali! Hahahaha..
            Besoknya, tibalah saat wawancara. Pertama – tama, daftar ulang dengan lebih dari 1000 orang lainnya.. gila! Penuh banget ini sih.. trus masuk dan nunggu giliran.. gak berapa lama, nomor urutku dipanggil, darah udah sampe ke ubun – ubun, saking takutnya! Komat – kamitpun dimulai. Eh, ternyata bukan giliranku. Sebel banget deh. Terus beberapa saat kemudian, aku beneran dipanggil. Komat – kamit mulai lagi. Terus aku duduk bersama 2 orang pewawancara, pak Bagyo (yang ternyata jadi dosen PTIku) dan gak tau lagi siapa nama bapak di satunya. Hehehe.. Pak bagyo nanya seputar keluarga, hobby, kenapa milih jurusan pertama, kedua, dll. Bapak yang satunya Cuma diem dengan muka masam. Trus, giliran bapak yang satunya nanya, simpel banget,
Bapaknya        : kalo misalnya kamu dikasi mesin waktu, kamu pengen jadi siapa
Aku                 : (apa?! Aku mikir – mikir deh itu, siapa artis ato orang terkenal yang aku                              suka? Hmmm.. bingung banget dan akhirnya aku jawab) Saya pengen                                 jadi diriku lagi.
Bapaknya        : kenapa?
Aku                 : karena saya sudah senang dengan kehidupan saya sekarang
            Hahaha.. ternyata yang aku takutin pertanyaannya bakal susah banget, ternyata nggak juga. Aku keluar dengan perasaan plong banget. Sampe rumah tanteku yang di jogja, aku telponin deh itu semua orang, orang tuaku khususnya.
            Seminggu kemudian, tengah malam aku kebangun dan browsing di internet, dan ternyata aku dinyatakan lolos. Alhamdulillah!

Moral: percaya diri adalah kunci utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar